SISTEM INFORMASI PERKANTORAN MAYA (SIMAYA)

Sistem Administrasi Perkantoran Maya atau SiMAYA adalah aplikasi administrasi perkantoran yang mendukung proses manajemen persuratan untuk memudahkan proses pencarian dan pengarsipan. Penerapan SiMAYA dilakukan pada instansi kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi.

Aplikasi SiMAYA dikembangkan oleh Subdirektorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Direktorat e-Government Kemkominfo RI, berdasarkan Peraturan MenPANRB Nomor 6 Tahun 2011 tentang Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Beberapa fitur dari SiMAYA adalah Surat Masuk, Surat Keluar, Disposisi Masuk, Disposisi Keluar, Disposisi Inisiatif, PNSBook (Linimasa, Status, Profil, Berbagi foto), Asisten, Arsip, Administrasi Kecamatan, Administrasi Kelurahan, dan Administrasi Kepegawaian.

Aplikasi SiMAYA versi 5 telah mendukung teknologi cloud computing. Penggunaan cloud memungkinan suatu instansi dengan keterbatasan sumber daya manusia maupun infrastruktur menerapkan SiMAYA di lingkungannya. Permohonan akun SiMAYA dapat diajukan melalui situs Layanan Aptika Terintegrasi.

Dalam penyelenggaraan SiMAYA, Kemkominfo RI bertindak sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang terikat PP PSTE. Beberapa konsekuensi yang harus dipatuhi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sebagai PSE, yaitu:

  1. Penempatan pusat data dan pusat pemulihan bencana serta mitigasi atas rencana keberlangsungan kegiatan Penyelenggaraan SE;
  2. Pengamanan Penyelenggaraan Sistem Elektronik; dan
  3. Kewajiban sertifikasi kelaikan sistem bagi PSE Pelayanan Publik.

SISTEM ADMINISTRASI PERKANTORAN MAYA (SIMAYA)

KEMKOMINFO