BIDANG PENYELENGGARAAN E-GOVERMENT

Tugas dan Fungsi

Bidang  Penyelenggaraan  E-Government mempunyai  tugas  melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan serta melaksanakan operasional program  bidang Penyelenggaraan E-Govemmet berdasarkan peraturan dan  petunjuk  teknis   yang  berlaku   agar  pelaksanaan   program terlaksana secara  efektif dan  efisien

Dalam  melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Penyelenggaraan E-Govemment menyelenggarakan fungsi:

Perencanaan operasional program kegiatan Bidang Penyelenggaraan  E-Govemment berdasarkan perencanaan  strategis (RENSTRA) untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan  tugas :

a.Pembinaan dan bimbingan pelaksanaan tugas pada bawahan
b.Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang Layanan lnfrastruktur dasar Data Center, Disaster RecoveryCenter & TIK Pemerintah, Layanan pengembangan  intranet  dan penggunaan akses internet, Layanan Sistem Komunikasi Intra Pemerintah, Layanan Keamanan Informasi e-Govemment,Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang  terintegrasi,  integrasi layanan publik dan kepemerintahan,  Layanan Manajemen Data Informasi  e-Govemment, Layanan nama domain dan  sub  domain  bagi  lembaga pelayanan  public  dan  kegiatan, Pengembangan  Sumber  Daya  TIK pemerintah daerah dan masyarakat, Penyelenggaraan ekosisteTIKSmart City, Penyelenggaraan Government Chief Information Officer(GCIO)pemerintah daerah
c.Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang Layanan lnfrastruktur dasar Data Center, Disaster RecoveryCenter  & TIK Pemerintah, Layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses  internet, Layanan Sistem Komunikasi Intra Pemerintah,   Layanan Keamanan Informasi e-Govemment, Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik  &  Suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, Layanan Manajemen Data Informasi e-Govemment, Layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga pelayanan public dan kegiatan, Pengembangan Sumber Daya TIK pemerintah daerah  dan masyarakat, Penyelenggaraan ekosistem TIKSmart City, Penyelenggaraan Government Chief Information Officer(GCIO)pemerintah  daerah.
d.Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan  kriteria penyelenggaraan di bidang Layanan Infrastruktur dasar   Data Center, Disaster Recovery Center & TIK Pemerintah, Layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses internet, Layanan Sistem Komunikasi Intra Pemerintah, Layanan Keamanan Informasi e-Government, Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, Layanan Manajemen Data Informasi  e-Government, Layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga pelayanan public dan kegiatan, Pengembangan Sumber Daya TIK pemerintah daerah dan masyarakat, Penyelenggaraan ekosistem TIK Smart City, Penyelenggaraan Government Chief Information Officer(GCIO)pemerintah daerah
e.Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang  Layanan Infrastruktur dasar Data Center, Disaster RecoveryCenter & TIK Pemerintah, Layanan pengembangan  intranet dan penggunaan akses internet, Layanan Sistem    Komunikasi Intra Pemerintah,Layanan Keamanan                    lnformasi e-Government, Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik & Suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, Layanan Manajemen Data Informasi e-Government, Layanan nama domain dan sub domain   bagi lembaga pelayanan public dan kegiatan, Pengembangan Sumber Daya TIK pemerintah daerah dan   masyarakat, Penyelenggaraan ekosistem TIK Smart City, Penyelenggaraan Government Chief Information Officer(GCIO) pemerintah daerah; dan
f.Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Layanan Infrastruktur dasar Data Center, Disaster RecoveryCenter & TIK Pemerintah, Layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses  internet, Layanan Sistem Komunikasi Intra Pemerintah,   Layanan Keamanan Informasi e- Government, Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik &  Suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan kepemerintahan, Layanan Manajemen Data lnformasi e-Government, Layanan nama  domain dan sub domain bagi lembaga pelayanan  public dan kegiatan, Pengembangan Sumber Daya TIK pemerintah  daerah dan masyarakat, Penyelenggaraan ekosistem TIKSmart City, Penyelenggaraan Government Chief Information Officer(GCIO)pemerintah daerah.
g.Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan  tugas   dan fungsinya.
  1. Bidang Penyelenggaraan E-Govemment,terdiri  atas:
a.Seksi Infrastruktur dan Teknologi
Mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan layanan pengembangan dan penyelenggaraan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC), Layanan pengembangan dan inovasi TIK dalam implementasi e-Government, Layanan peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan infrastruktur dan Teknologi Informatika, Government Cloud Computing, Layanan pengelolaan akses internet pemerintah dan public, Layanan filtering konten negatif, Layanan interkoneksi Jaringan Intra Pemerintah; layanan monitoring trafik elektronik, layanan penenganan insiden keamanan informasi, layanan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang   keamanan informasi; layanan keamanan informasi   pada sistem elektronik pemerintah, pelaksanaan audit TIK, penyelenggaraan internet sehat, kreatif, inovatif  dan produktif,   layanan penyediaan saranan dan prasarana komunikasi  pemerintah, layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur pemerintah.
b.Seksi Pengembangan Aplikasi
Mempunyai tugasmelaksanakan penyelenggaraan layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi, Layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik, Penetapan standar format data dan informasi, validata dan  kebijakan, Layanan recovery data dan informasi, Layanan  pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan, Layanan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam  pemanfaatan Sistem lnformasi Pemerintahan dan Sistem Informasi Publik, Layanan interoperabilitas, Layanan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan, Layanan Pusat ApplicationProgram Interface (API) daerah.
c.Seksi Layanan E-government
Mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan layanan pendaftaran nama domain dan sub omain  instansi penyelenggara negara pelayanan publik dan kegiatan pemerintahan, menetapkan  sub domain terhadap domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, layanan pengelolaan domain  dan  sub  domain pemerintah  daerah, layanan peningkatan kapasitas aparatur  dalam  pengelolaan domain, portal dan website, menetapkan dan mengubah nama  domain dan sub domain, menetapkan tata kelola nama domain, sub domian; layanan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-government dan Smart City, layanan                     impelementasi e-government dan Smart City, dan promosi pemanfaatan layanan Smart City; layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-governrnent, layanan koordinasi kerjasaman lintas organisasi perangkat daerah, lintas pemerintah daerah dan lintas pemerintah pusat serta non pemerintah, layanan integrasi pengembangan TIK dan e-govemment pemerintah, layanan pengembangan Business Process Re-engineeringpelayanan  di lingkungan pemerintahan dan non pemerintah (stakeholder  Smart   City}, layanan sistem informasi   Smart City, layanan interaktif pemerintah dan masyarakat, layanan penyediaan sarana dan saranan pengendalian SmarCity.

2. Seksi sebagaimana dimaksud dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada    dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government.