Kabupaten Kolaka Raih Kategori PRATAMA Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021

Raihan tersebut diumumkan secara virtual dari Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, dan diikuti oleh para Kepala Daerah se-Indonesia. Kamis (29/7/21)

Kolaka – Sementara itu, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei,SH.,MH didampingi oleh Forkopimda, Ketua DRPD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Asisten I Drs.H. Muh Bakri, SH.,MH, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) dan Forum Anak serta pimpinan OPD lainnya menyaksikan pengumuman secara virtual di Command Center Diskominfo Kab. Kolaka .

Menteri P3A RI, Gusti Ayu Bintang menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang mendukung program pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Penghargaan ini diserahkan kepada Kabupaten/Kota di Indonesia yang telah mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta kepada kader yang berprestasi dalam menyuarakan hak anak,” jelasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Bupati Kolaka juga mengapresiasi atas usaha dan kerja keras tim KLA Kab. Kolaka, serta berharap untuk tetap bekerja tim agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga kota Kolaka, khususnya anak-anak .

“Kerja kita tidak sampai disini, karena tugas untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga kota Kolaka, khususnya anak-anak harus terus kita lakukan utamanya menciptakan Kolaka yang layak bagi anak,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Beberapa tingkatan penghargaan KLA dimulai dari tingkatan Pratama, Madya, Nindya, hingga Utama.

Pelantikan Sembilan Pejabat Eselon IIB Lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka

Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH melantik sembilan pejabat eselon IIB lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka, diruang Pertemuan Inspektorat Kolaka . Kamis,(29/7/2021)

Adapun sambutan Bupati Kolaka menjelaskan bahwa, hal ini sudah biasa terjadi dalam sebuah organisasi,

“Tujuan substantifnya adalah memperbaiki kinerja pemerintah, memajukan Kabupaten Kolaka dan mensejahterakan rakyat Kabupaten Kolaka”, jelasnya

Bupati berpesan kepada pejabat yang baru dilantik harus memiliki wawasan jauh kedepan (visi) dan tahu tindakan apa yang harus dilakukan (misi) serta paham tentang cara yang akan ditempuh (strategi) .

Beliau juga mengharapkan agar pejabat yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,

dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik .

Adapun nama-nama 9 pejabat yang dilantik oleh Bupati Kolaka :

1. Akbar Sos : Kepala BPBD

2. Sal Amansyah : Staf Ahli Bupati

3. Hj. Andi Tendri : Kepala BKAD

4. Nyoman Suastika : Kadis Kominfo

5. Hj. Andi Wahida : Kepala BKD

6. Nur Syamsul : Kepala Bapenda

7. Jusrin : Kadis Pemuda dan Olahraga

8. Abdul Haris Rahim : Kadis Pendidikan dan Kebudayaan

9. Ramli Sima : Dinas Koperasi dan UKM Kolaka

(Diskominfo Kab. Kolaka)

Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK semester 1 Tahun 2021 Dilingkungan BPK Prov. Sulawesi Tenggara

Kolaka – BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan rapat pembahasan Pemantauan tindak lanjut rekomendasi Semester I Tahun 2021 . Kamis (8/7)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Keuangan Provinsi Sulawesi Tenggara atau yang mewakili, adapun acara ini dihadiri secara Virtual oleh seluruh Inspektur Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara . Dalam hal ini dihadiri oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH beserta pimpinan OPD Lingkup Pemda Kab. Kolaka, secara Virtual di Command Center Diskominfo Kab. Kolaka.

Sambutan kepala perwakilan BPK Sulawesi Tenggara Bapak A. Sony sekaligus membuka kegiatan, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 12 Juli, dalam 3 hari ini diharapkan pemerintah daerah agar meminimalisasikan dalam melaksanakan rekomendasi sebagai bentuk komitmen untuk perbaikan daerah .

“Dengan adanya forum ini kami harap memberikan progres tindak lanjut lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Seluruh pemerintahan lingkup Sulawesi Tenggara harus lebih bertanggungjawab dalam melakukan tindak lanjut .” Jelasnya

Rekomendasi Hasil pemeriksaan merupakan syarat yang ditunjukkan kepada orang atau badan yang berwenang untuk melakukan tindakan atau perbaikan. BPK juga berupaya memberikan rekomendasi, pendapat atau pertimbangan serta mendorong pencegahan korupsi . Acara berjalan dengan lancar baik secara virtual . Harapan kepala perwakilan BPK Sultra, pemantauan tindak lanjut kali ini bisa memenuhi target dan memiliki progres yang lebih dari tahun sebelumnya.

(Diskominfo Kab. Kolaka)

Penyerahan Bantuan Mushaf AL-QURAN & Buku IQRA dari BPD SULTRA Kolaka dalam rangka mendukung Program 1000 TPQ di Kabupaten Kolaka

Penyerahan Bantuan Mushaf AL-QURAN & Buku IQRA dari BPD SULTRA Kolaka dalam rangka mendukung Program 1000 TPQ di Kabupaten Kolaka . Kamis, (02/07/2021)

Kolaka – Dalam kesempatan ini, BPD SULTRA menyerahkan bantuan 155 Buah Al-quran dan 163 buku Iqra kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan diterima langsung oleh Kabag Kesra Kolaka H. Andi Pangoriseng.S.Pd,M.Pd, dalam menyukseskan program 1000 TPQ yang digagas oleh bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, SH.,MH dan wakilnya H. Muh. Jayadin SE, ME .

Pimpinan BPD Sultra Cabang Kolaka Muh. Ali Imron menjelaskan bahwa, sejumlah bantuan Alquran dan buku Iqra itu merupakan salah satu wujud kepedulian pihaknya terhadap sasaran pembagunan masyarakat oleh Pemda Kolaka dan bantuan itu juga diperuntukan bagi seluruh Tempat Pengajian Alquran (TPQ) yang ada di kabupaten Kolaka .

Adapun Kabag kesra mengatakan begitu mengapresiasi bantuan ini, karena tentu ini sangat membantu pemerintah dalam mensukseskan program 1000 TPQ di Kabupaten Kolaka .

Dan dalam rangka mendukung Program Bupati dan Wakil Bupati Kolaka 1.000 (seribu) TPQ yang saat ini telah terbentuk kurang lebih 850 TPQ yang tersebar di 135 Desa/Kelurahan se- Kab. Kolaka . Dengan ini berencana untuk meminta partisipasi para ASN lingkup pemda Kab. Kolaka khususnya, untuk menyumbang minimal 1 Mushaf Al-Quran dan 1 buku Iqra .

(Diskominfo Kab. Kolaka)

Vocation School Graduation Academy & Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Informatika untuk angkatan Kerja Muda di Kabupaten Kolaka

Vocation School Graduation Academy & Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Informatika untuk angkatan Kerja Muda di Kabupaten Kolaka .

Kolaka – Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) menjadi salah satu standar rumusan kemampuan para tenaga kerja yang mencakup aspek, pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan.

Hal ini disampaikan dalam pembukaan kegiatan oleh Asisten I H. Muhammad Bakri, SH.,MH ketika membuka kegiatan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Informatika untuk angkatan Kerja Muda Kab. Kolaka, bertempat di Hotel Sutan Raja, Selasa (6/7)

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh PLT Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar, Koordinator Pengembangan SDM BBP SDMP Makassar dan Kepala Dinas Kominfo Kab. Kolaka atau yang mewakili, serta seluruh peserta SKKNI Tahun 2021 .

Asisten I menambahkan bahwa setiap angkatan kerja kedepan akan dituntut untuk mampu bekerja secara profesional . dibarengi dengan berbagai upaya perubahan dan perbaikan dalam tantanan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diorentasikan kepada peningkatan kinerja .

“Selanjutnya, diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali kedepannya, agar memberikan kesempatan kepada tenaga kerja muda lainnya untuk memperoleh sertifikasi. “ jelasnya

Pada kesempatan ini juga, PLT Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar Bapak H. Rukman Pala, S.Sos, M.Ap menyampaikan Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah membantu angkatan kerja muda khususnya dalam memperoleh sertifikat keahlian .

(Diskominfo Kab. Kolaka)