Vidcon Pemaparan Rancangan Prototype Pasar Raya Oleh Kementrian Perdagangan

Kamis, 14 Januari 2021

Pemaparan Rancangan rototipe Pasar Rakyat oleh Kementerian Perdagangan yang di ikuti Kepala Dinas Perindag atau yang mewakili, melalui Video Conference  diruang Command Center Diskominfo Kolaka . (14/01/2021)

Kolaka – Pasar Rakyat merupakan aspek penting dalam system perdagangan nasional. Bagi Kementerian Perdagangan RI, Pasar Rakyat mempunyai peran dan fungsi ganda. Selain sebagai penggerak perekonomian, pasar juga merupakan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah. Oleh karena itu, pembangunan Pasar-Pasar Rakyat selalu mendapat perhatian lebih dari Kemendag.

Tujuannya jelas, yakni bagaimana pasar dapat meningkatkan pendapatan para pedagang pasca revitalisasi. Selain itu, pasar yang telah direvitalisasi diharapkan mampu berperan sebagai penyangga ketersediaan barang kebutuhan pokok, sehingga ke depan dapat menjadi barometer stabilisasi harga pangan di tingkat nasional.

Tujuan dari penerapan Desain/Prototipe Pasar Rakyat ini, adalah supaya setiap pasar yang dibangun memiliki tampilan (keseragaman/kesamaan desain). Pasar Rakyat yang dikelola secara lebih modern (dengan merujuk pada Desain/Prototipe Pasar Rakyat) ini, juga diharapkan mampu berkompetisi dan bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan.

“Revitalisasi pasar diharapkan pula dapat meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen serta menjadikan Pasar Rakyat sebagai penggerak roda perekonomian daerah,” imbuh Lutfi dihadapan peserta Rakor yang terdiri dari Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota yang bertanggungjawab di bidang perdagangan.

Program Revitalisasi Pasar Rakyat yang dilakukan pemerintah saat ini diharapkan dapat dijadikan model oleh para Pemerintah Daerah dalam melakukan pembangunan dan pengembangan Pasar Rakyat di daerahnya masing-masing.

Sumber : Diskominfo Kab. Kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *