Pameran Mini Pengrajin Binaan Dekranasda Kab. Kolaka

Kolaka – Kunjungan Kerja Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara di kab. Kolaka .

Turut dihadiri Ibu Gubernur Sulawesi Tenggara Agista Ariani Ali Mazi selaku ketua Dekranasda Provinsi Sultra, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH , Wakil Bupati H. Muhammad Jayadin, SE.,ME, Setda Kolaka Drs. H. Poitu Murtopo, M.Si, Para Asisten, SKPD lingkup Pemda Kolaka, dan Pengrajin Unggulan kolaka. Selasa, (08/12/2020)

Dalam laporan Andi Wahida selaku Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kolaka dalam hal ini mewakili ketua Dekranasda Kolaka menjelaskan bahwa, kegiatan Dekranasda senantiasa merujuk kepada kegiatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Kolaka .

“ Alhamdulillah kegiatan Dekranasda tercatat 67 pengrajin yang terdiri dari kerajinan anyaman, tenunan, pandai besi, batok kelapa dan kerajinan peleburan aluminium. Adapun kondisi Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Kolaka (Dekranasda), yang pertama kami sangat membutuhkan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang mungkin saja ada langsung di berikan oleh provinsi Sultra, kemudian kendala yang kami dapatkan yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia yang tentu nantinya akan terkoneksi jikalau pelatihan dan pengembangan SDM senantiasa dikembangkan, kedua dan ketiga masalah pasar dan permodalan . Ini adalah hal yang perlu disampaikan kepada Ibu Ketua Dekranasda yang nantinya dapat memberikan arahan serta petunjuk dan menjadi pegangan kami dalam setiap pelaksanaan nya.” Jelasnya

Jumlah Industri menengah juga bagian dari perhatian Dekranasda walaupun tidak serta merta masuk didalam pembinaanya, yang berjumlah 925 pengusaha Industri Kecil Menengah dan semua pengrajin tersebar di 12 kecamatan yang pemasaran nya masih di tingkat Kolaka serta sebagian didaerah Sulawesi Tenggara .

Sambutan Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara Ibu Gubernur Agista Ariani Ali Mazi yang menjelaskan bahwa, Dekranasda dari semua kabupaten ada beberapa Kabupaten yang menjadi unggulan di Sulawesi tenggara yakni salah satunya Kabupaten Kolaka .

“ saya sudah berkeliling dari periode pertama hingga sekarang jadi saya bisa melihat yang UMKM nya maju dan mandiri adalah Kabupaten Kolaka, dan ini yang harus kita apresiasi karena semua bentuk kerja keras dari pemimpinnya yang memiliki ide untuk membangun daerah yang lebih maju dan sejahtera.” Ucapnya

Ia juga memohon perhatian kepada Pemkab kolaka untuk mengikuti struktur yang ada di pusat, karena Dekranasda telah menjadi bagian dari pemerintahan ataupun mitra pemerintah sehingga kedepan UMKM dan UKM semua akan berkembang di daerah masing-masing .

“Terima kasih banyak atas semua perhatian dan atensi kepada pengurus, semoga Dekranasda provinsi khususnya yang ada di Kab. kolaka bisa berkembang maju dan mandiri dibawah kepemimpinan dari ibu ketua Dekranasda Kolaka , Bupati Kolaka beserta jajarannya dan seluruh stakeholder yang ada didalamnya yang bisa membuat daerah ini semakin maju.” Tutupnya

Sumber : Diskominfo Kab. Kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *