Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Kolaka Dalam Rangka Mendukung Pengembangan SDM Pers Yang Profesional

Kolaka – Bertempat di Aula Sasana Praja, Kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Kolaka dalam rangka Mendukung Pengembangan SDM Pers yang Profesional. Selasa (17/11/2020)

Turut Hadir Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH, Wakil Ketua DPRD H. Syarifuddin Baso Rantegau, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa,S.I.K, Kadis Kominfo Kolaka Muh. Arnan Amry, S.STP.,M.Si, Kadis Kominfo Kolaka Timur atau yang mewakili, Ketua PWI Provinsi Sulawesi Tenggara, dan seluruh pimpinan SKPD Lingkup Kolaka.

Sambutan ketua PWI Kolaka Armin Arsyad, pelaksanaan orientasi Wartawan kami rencanakan pada bulan April 2020 tapi karena kondisi Covid-19 sehingga pada hari ini baru terlaksana dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“salah satu syarat dalam menjadi anggota PWI harus mengikuti OKK . Melalui OKK ini kami berharap bisa menjadi anggota yang berkualitas,menguasai dan memahami kode etik jurnalistik yang telah menjadi aturan demi terjaganya kualitas kewartawanan yang ada di Kab. Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara.” Ujarnya

Adapun sambutan ketua PWI Provinsi Sulawesi tenggara Sarjono menjelaskan, Orientasi kewartawanan ini menjadi sebuah kebutuhan jika ingin menjadi wartawan yang profesional . Tanggungjawab pers tercermin dalam fungsi, kewajiban, hak, dan peranan pers sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pers. Pers bertanggungjawab kepada pemerintah, masyarakat, dan Dewan Pers. Penyimpangan-penyimpangan pers adalah menyiarkan berita yang memutarbalikkan fakta, bersifat menfitnah, cabul, sadis, sensasi berlebihan, membahayakan negara, menghina agama, dan menerima suap.

“Wartawan sebetulnya dalam melakoni pers ini bukan hanya sekedar membuat karya tetapi juga dapat membantu perekonomian yang ada di daerah dengan karya-karya informasi nya, dalam hal ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kolaka dan pemerintah Kab. Kolaka atas perhatian dan dukungannya terhadap Pers, karena kami yakin tanpa dukungan pemerintah daerah Pers tidak akan berjalan sama halnya Pemerintah dan masyarakat akan buta Informasi tanpa Pers.” Jelasnya

Sambutan Bupati Kolaka sekaligus membuka kegiatan menjelaskan bahwa, Tidak dipungkiri keberadaan wartawan atau jurnalis, sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai kontrol sosial di masyarakat. Sebagai organisasi kewartawanan pertama, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) harus menjadi wadah bagi insan pers yang kompeten, profesional, serta taat dan patuh pada kode etik jurnalistik sebagai pedomannya. Sehingga, dalam menjalankan tugasnya akan dilindungi oleh Undang-Undang.

“Jadilah wartawan yang baik dan bermartabat, untuk menyampaikan pemberitaan-pemberitaan secara ikhlas dalam rangka membangun dan mencerdaskan bangsa ini, bukan untuk sesuatu hal yang dibuat-buat.”

Selanjutnya Bupati mengemukakan, selama ini sinergitas antara Pemerintah Kab Kolaka bersama rekan-rekan wartawan yang ada diwilayah Kabupaten Kolaka telah terjalin dengan baik. Oleh Karena itu, dalam kesempatan tersebut Bupati mengajak seluruh rekan-rekan pers, agar senantiasa memupuk kesadaran dan berkomitmen untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya Kabupaten Kolaka .

“ Alhamdulillah kebersamaan kami Pemerintah Daerah dengan teman-teman pers dapat terbangun dengan baik. Maka dari itu jangan ada keraguan, terkait apapun selama itu yang bernilai konstruktif dan perbaikan sampaikan kepada kami dan beritakan kepada masyarakat. Kami tidak merasa terganggu, kami tidak anti kritik, selama itu untuk membangun dalam rangka mengatasi permasalahan ditengah masyarakat,” ujar Bupati

Bupati Kab. Kolaka berharap, kegiatan OKK yang diselenggarakan PWI Kabupaten Kolaka, dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan calon anggota PWI dan rekan-rekan jurnalis anggota PWI dalam menjalankan tugas kewartawanannya.

Sumber : Diskominfo Kab. Kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *